Selasa, 09 Juni 2009

Laporan Praktikum Jarkom

Soal : Buat jaringan yang ada di lab, sesuaikan dengan jumlah komputer
  • Dengan menggunakan Hub

  • Pengecekan dengan menggunakan simulation packet message

Pada kasus ini PC7 mengirimkan pesan kepada PC24, maka pesan tersebut akan sampai kesemua PC. Namun pesan yang akan disampaikan ke PC24 akan diberi tanda khusus pada alamat yang dituju (PC24).

Dengan menggunakan Switch
  • Pengecekan dengan menggunakan simulation packet message


Kesimpulan :

Pada jaringan yang menggunakan Hub tidak memiliki fasilitas routing, sehingga semua informasi yang datang dikirimkan kesemua komputer (broadcast). Pada jaringan yang menggunakan Switch memiliki fasilitas routing sehingga informasi yang diterima hanya akan dikirimkan ke komputer tujuan.

Hub hanya dapat mengirim atau menerima data pada suatu waktu tertentu. Sedangkan Switch mampu menerima dan mengirimkan data pada saat yang bersamaan.

Sebagai contoh misalnya pada suatu switch : pada kasus ini komputer1 melakukan porses pemgiriman data kepada komputer lain, kmputer2 mengakses file server. Ini semua bias dilakukan karena switch dapat melakukan forward traffic paket data khusus hanya keapada device-device yang terlibtat saja. Jadi kesimpulannya di dalam switch terdapat suatu mekanisme filtering dan forwarding terhadap traffic jaringan yang melewatinya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar